Doctor Icons Tanya Dokter

Pertanyaan & Jawaban

Avatar

Pertanyaan
Assalamualaikum,, saya mau bertanya bagaimana cara teraphy untuk pengidap penyakit lemah jantung ya ? terima kasih

Dedi
Avatar

Jawaban :

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi jantung lemah yang efektif adalah berolahraga. 

Namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang olahraga untuk memperkuat jantung. Yang pertama, ada beberapa jenis olahraga yang tidak semuanya cocok untuk penderita jantung lemah.

Beberapa jenis olahraga yang baik untuk jantung lemah adalah aerobik, joging, dan berenang. Kedua, hindari melakukan olahraga ekstrem seperti beberapa macam jenis fitnes dan panjat tebing. Ketiga, sebaiknya Anda tentukan dulu olahraga yang Anda pilih, baru sesuaikan berapa lama anda akan melakukan olahraga tersebut.

Selain olahraga, cara lain yang tidak kalah efektif untuk memperkuat jantung adalah yang berhubungan dengan gaya hidup anda. Gaya hidup disini berarti makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan kebiasaan.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Kolesterol pada dasarnya merupakan zat yang berbahaya bagi jantung.

Tidak hanya membatasi makanan lemak dan kolesterol, Anda juga harus membatasi garam. Sifat garam adalah menyerap kelebihan air pada tubuh yang pada akhirnya memaksa jantung untuk bekerja lebih keras.

Anda juga harus mulai mewaspadai makanan dengan kadar garam tersembunyi, seperti keju, daging olahan, acar, dan minuman energi. Dengan mengurangi asupan garam, kerja jantung menjadi lebih normal sehingga mengurangi terjadinya gagal jantung atau jantung lemah.

|