04 November 2019 Super Administrator

ANCAMAN PENYAKIT SAAT MUSIM HUJAN

Saat musim hujan, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Hal itu terjadi lantaran adanya perubahan suhu pada lingkungan.

Musim hujan masih belum berakhir. Hujan yang sering mengguyur akhir-akhir ini selain mempengaruhi mobilitas sehari-hari juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Kondisi udara yang lembab dapat membuat bakteri dan virus menyebar lebih cepat.

Penyakit Diare, Penyakit Kulit berupa Infeksi dan Alergi, dan penyakit yang mengganggu saluran pencernaan seperti Tifoid berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan. Saat banjir, ketersediaan air bersih terbatas, baik untuk kebutuhan minum maupun sanitasi, dan kebersihan makanan yang kurang terkontrol menjadi faktor potensial terkena penyakit-penyakit tersebut.

Sedangkan Demam Berdarah, Leptospirosis, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang dibawa dan ditularkan melalui binatang. Demam berdarah merupakan momok yang patut diwaspadai setiap saat musim hujan, karena akan terdapat genangan air dan memicu berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti. Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui tikus lewat air kencing. Selanjutnya penyakit ISPA disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya.

Tetap jaga kesehatan dan mulai dengan selalu mencuci tangan setelah beraktifitas dan memperbanyak minum air putih