09 Agustus 2021 Super Administrator

Mengucek mata juga merupakan reaksi tubuh untuk melumasi mata saat mata sedang kering. Debu-debu atau partikel yang menempel pada area mata dapat berkurang karena tersapu air mata setelah mengucek mata. 

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, anjuran untuk tidak menyentuh area mata apalagi mengucek mata sedang gencar dilakukan. Walau Anda sedang merasa kelelahan dan ingin sekali mengucek mata, jangan lupa membersihkan tangan terlebih dulu dengan menggunakan sabun agar meminimalkan terjangkit virus corona.

Beberapa Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata 

  1.  Penyakit Mata yang Serius

     

    Mengucek mata berulang kali dapat mengakibatkan melemahnya kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus.

    Jika kerusakan kornea yang terjadi cukup parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi kornea agar kondisi mata bisa kembali seperti semula.

  2.  Kornea Tergores

     

    Bulu mata atau debu yang menempel di mata bikin Anda tergoda untuk mengucek mata. Bukannya baik, hal ini justru bisa menyebabkan tergoresnya kornea mata Anda bahkan menyebabkan luka pada kornea.

  3.  Infeksi Mata

     

    Meski terlihat bersih dan sudah dicuci, kuman tak akan hilang sepenuhnya dari tangan Anda.

    Menyentuh mata dengan tangan dapat mentransfer kuman-kuman jahat. Hal paling ringan yang bisa terjadi sebagai akibatnya adalah konjungtivitis atau mata merah.

  4. Kelopak Mata Menjadi Longgar

     

    Kelopak mata bisa kehilangan elastisitasnya jika Anda sering mengucek mata. Meski tidak menyebabkan keluhan signifikan, bentuk kelopak mata yang longgar tentu bisa sangat mengganggu penampilan.

  5.  Mata Merah

     

    Mengucek mata yang dilakukan cukup keras dan berkelanjutan bisa menyebabkan pembuluh darah di mata mengalami kerusakan hingga akhirnya pecah. Kondisi ini disebut dengan subconjunctival hemorrhage.