15 Juni 2020 Super Administrator

Memasuki masa new normal, masyarakat nampaknya masih di hantui rasa takut atau cemas untuk memeriksakan kesehatan di berbagai rumah sakit, karena stigma akan tertular virus Corona sangat besar. Namun Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa (DD) mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk tidak takut ke Rumah Sakit, karena RST Dompet Dhuafa menerapkan prosedur ketat baik bagi karyawan, perawat hingga dokter dalam penanganan pasien maupun prosedur setiap ruang tunggu untuk sedemikian diatur jarak antara pengunjung rumah sakit. (Kamis, 12/06)

Sebelumnya pengunjung maupun pasien diharapkan menggunakan masker saat berkunjung ke RST Dompet Dhuafa, saat di pintu lobby pengunjung maupun pasien di periksa dengan uji screening suhu tubuh dan mengisi fomulir yang telah disediakan oleh pihak RST Dompet Dhuafa maka pengunjung maupun pasien diberikan cap lulus uji screening. Setelah itu pengunjung maupun pasien diarahkan untuk mengambil nomor antrian pendaftaran yang dibantu oleh pihak RST Dompet Dhuafa, maka pengunjung langsung ke meja pendaftaran dengan prosedur yang sudah diterapkan. Petugas pendaftaran menggunakan alat pelindung diri (APD) serta menerapkan jaga jarak. Setelah dari meja pendaftaran pengunjung maupun pasien diarahkan ke bagian pemeriksaan sebelum ke dokter yang dituju. Semua petugas menerapkan standar protokol pencegahan penularan Covid-19.

Manager Penunjang Medis RST Dompet Dhuafa, dr. Jumpa Utama menuturkan, “dalam menghadapi masa new normal RST Dompet Dhuafa telah menerapkan protokol pencegahan Covid-19 agar pasien dan tenaga medis terhindar dari paparan virus Corona”.

"Kami telah mewajibkan pasien dan tenaga medis untuk pakai masker. Selain itu kami sudah menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa sudut baik berupa air mau pun handsanitizer," lanjut Jumpa. Di luar itu RST Dompet Dhuafa juga telah menerapkan sosial distancing, dengan cara itu pasien yang membutuhkan pelayanan RST Dompet Dhuafa tidak perlu takut untuk datang ke Rumah Sakit.