22 Juli 2021 Super Administrator

 

Trigliserida adalah sejenis lipid atau lemak yang diproduksi tubuh untuk menyimpan kalori ekstra dan menyediakan energi. Sementara kolesterol adalah lipid lain yang beredar dalam darah. Tubuh kita menggunakan kolesterol untuk membangun sel dan memproduksi hormon. Baik trigliserida dan kolesterol pada dasarnya sangat penting untuk kesehatan kita.

Tetapi memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi tetap saja tidak baik untuk kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, tingkat lipid darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko pembentukan plak (bahan berlemak) di arteri atau menebalkan dinding arteri (aterosklerosis).

Berikut adalah berbagai cara menurunkan kolestorol dan trigliserida secara alami:

1. Berhenti merokok Melansid Very Well Health, berhenti merokok dan menghindari asap rokok terbukti dapat membantu menurunkan kadar lipid. Ini karena merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL, dan meningkatkan kadar trigliserida.

2. Berolahraga setiap hari Aktivitas fisik teratur sekitar 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Cobalah berjalan kaki lebih banyak, berenang, bersepeda, angkat beban, atau melakukan olahraga apa pun yang Anda suka. Tingkatkan gerakan Anda secara alami dengan menaiki tangga, parkir lebih jauh dari pintu, dan berjalan kaki saat istirahat makan siang.

3. Penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang sehat Kelebihan berat badan atau obesitas dikaitkan dengan kadar lipid darah yang lebih tinggi. Mengubah perilaku untuk membantu Anda menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

4. Kontrol porsi makan Ketika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda, kalori ini akan disimpan sebagai lemak dan dapat meningkatkan kadar lipid darah Anda. Mulai sekarang cobalah untuk kontrol porsi makan dan berhenti makan saat Anda merasa kenyang untuk menghindari makan berlebihan. Makan dari piring yang lebih kecil dan makan lebih lambat juga dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan.

5. Hindari kelebihan gula dan karbohidrat olahan Asupan karbohidrat tinggi dan makanan manis dapat meningkatkan kadar trigliserida.Jadi cobalah untuk membatasi seberapa sering Anda makan karbohidrat olahan, minuman manis, permen, dan makanan penutup yang manis-manis.