27 Maret 2019 Super Administrator

"Indonesia harus bebas TBC mulai dari saya ", itulah pesan yang ingin diangkat dalam bahasan Pojok Edukasi pada pagi ini (27/03) sebagai bagian dari agenda Hari TBC Se-Dunia oleh tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RS RST DD) yang bertempat di depan Poli TB RS RST DD.

Mengambil Tema "Komitmen Bersama Menuju Indonesia Bebas TBC" dengan pemateri dr. Naf'an Akhun. Dalam penjelasannya, pemateri mengingatkan bahwa TBC dapat menyerang atau menular pada siapapun. Oleh karena itu perlu keseriusan dari pasien TBC untuk sembuh total sehingga penularannya dapat dicegah. Salah satunya adalah untuk melaksanakan treatment dari dokter untuk minum obat selama 6 bulan tanpa putus. Jika putus, dia akan mengulang dari awal lagi.

Penyakit TBC sesungguhnya dapat disembuhkan dengan syarat ada kemauan kuat dari pasien untuk berobat secara ruitn, mengubah gaya hidup yang lebih sehat dan memakai masker jika berinteraksi dengan yang lain.

Lebih lanjut pesan yang sama juga disampaikan oleh pemateri kedua yakni Ira Puspitasari dari Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RS RST DD yang mengingatkan bahwa selain harus berobat tanpa putus, pasien TB juga harus mempunyai kepedulian yang tinggi pada orang disekitarnya dengan menutup mulut saat batuk dan memakai masker saat berinteraksi dengan yang lain.

Kemudian acara diakhiri dengan penandatanganan bersama sebagai komitmen untuk melawan TBC menuju Indonesia bebas TBC.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan motivasi bagi pasien TB yang sedang berobat untuk sembuh total dan siap menjadi bagian masyarakat yang mendukung Indonesia Bebas TBC.

Jika kami semua sudah siap untuk menjadi bagian dari Indonesia bebas TBC, lantas bagaimana dengan anda?


#RSTDompetDhuafa
#RumahSakitModelWakaf
#SehatMilikSemua
#PKRS
#Promkes
#DinkesBogor