20 Februari 2020 Super Administrator

Guna memberikan pemahaman lebih terkait bahaya penularan infeksi, hari ini RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST) sosialisasikan pencegahan pengendalian infeksi (PPI) kepada seluruh petugas ambulance RST.

Ketua PPI RST Ira Puspitasari S.Kep menuturkan hal ini penting disosialisasikan karena menyangkut keamanan pasien, petugas dan driver ambulance. Pasalnya, selama mengantar jemput pasien ke Rumah Sakit, bahaya infeksi yang ditularkan sangat beresiko tinggi. Infeksi tersebut dapat bersumber dari pasien atau justru dari dalam kabin ambulance.

“Sebagai langkah pencegahan kepada petugas ambulance, mereka kami edukasi dengan cara cuci tangan yang baik, memakai alat pelindung diri selama penanganan pasien. Ini penting agar petugas tidak terinfeksi,” jelas Ira (19/2).

Sedangkan untuk mencegah pasien agar terhindar dari infeksi, para petugas diajak untuk rutin membersihkan ambulance setiap habis antar jemput pasien. Sehingga pasien bisa menggunakan ambulance dalam keadaan bersih dan aman.

“Alhamdulilah saya jadi lebih paham bagaimana penanganan dan menjaga kebersihan ambulance,” ucap Basir salah seorang driver ambulance RST.