06 September 2019 Super Administrator

Belakangan ini tren terjadinya penyakit telah berubah dari sebelumnya penyakit menular yang dapat menjadi penyebab kematian, menjadi penyakit tidak menular. Hal ini bukan tanpa sebab, penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabetes mellitus dan tekanan darah tinggi dipicu oleh banyak hal salah satunya pola hidup yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dengan tingginya kesibukan dalam melakukan pekerjaan maupun sekolah, pola hidup “zaman now” umumnya mengarahkan kita pada gaya hidup pasif (sedentary lifestyle). Gaya hidup pasif ini cenderung menyebabkan kita kurang melakukan aktifitas fisik, hal ini dapat diperparah dengan asupan diet yang tidak tepat yang dapat menjadi faktor utama penyebab terjadinya penyakit tidak menular.

Untuk melawan gaya hidup pasif tersebut, kita harus memahami bagaimana pola hidup sehat zaman now. American Heart Association menekankan dua poin penting yang mampu mencegah terjadinya penyakit tidak menular, dalam hal ini penyakit kardiovaskular, yaitu dengan melakukan perbaikan gaya hidup dan pola makan. Kedua poin ini dijabarkan dalam lima hal dibawah ini:

1. Perbanyak Makan Buah &  Sayuran

Orang-orang yang terbiasa makan beragam jenis buah dan sayuran secara umum memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita diabetes, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan sebagian jenis kanker.

2. Cek Kesehatan Secara Rutin

Gaya hidup termasuk pola makan yang serba instan, berpotensi menimbulkan penyakit yang baru dirasakan ketika sudah dalam kondisi kepayahan. Oleh karena itu mengecek kesehatan sebaiknya dilakukan secara rutin. Langkah ini guna mendeteksi kelainan yang ada di tubuh lebih awal dan melakukan pencegahan serta pengobatan lebih dini.

3.  Rajin Aktivitas Fisik dengan Berolah Raga

Aktifitas fisik secara teratur akan membuat kita mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara umum karena melatih pernafasan dan membakar kalori tubuh dengan lebih baik.

4. Menghindari Penggunaan Rokok

Rokok menghambat penyerapan vitamin yang diperlukan dalam tubuh sehingga asupan vitamin harian tubuh dapat terganggu.

5. Mengelola Stres

Secara alami kita memang membutuhkan stres dalam kadar dan keadaan yang terkendali. Namun jika kadar dan keadaan stres itu tidak dapat dikontrol, bisa merusak kesehatan fisik dan jiwa kita.  Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk dapat mengelola stres dengan baik dengan cara menyadari, mengenali pemicu stres, dan kemudian keberanian untuk mengelolanya. Sehingga kita dapat mengubah stress menjadi strength (Kekuatan). Dengan kekuatan dari mengubah tekanan tersebut diharapkan Kita lebih produktif, positif, sehat dan bahagia.