30 Oktober 2019 Super Administrator

TASYAKURAN ALAT KESEHATAN DOMPET DHUAFA BERSAMA YAYASAN BAITUL MAAL (YBM) PLN

Bogor, 29 Oktober 2019

Kesehatan adalah hak semua kalangan, bersama Dompet Dhuafa dan Yayasan baitul Maal PLN bersinergi mewujudkan masa depan anak Indonesia”

Kesehatan adalah aset kehidupan yang cukup mahal, mengingat biaya pengobatan dan perawatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun memang ujian dalam bentuk penyakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, tidak memandang usia dan tidak memandang miskin atau kaya. Bagi orang-orang yang berkecukupan, mungkin tidak terlalu masalah mengalokasikan anggaran untuk pengobatan, namun bagi orang-orang yang kurang beruntung dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari saja perlu berpikir keras, sangat berat rasanya mengeluarkan biaya besar untuk anggaran kesehatan.

Berawal dari pemikiran tersebut, Dompet Dhuafa bersama Yayasan Baitul Maal PLN peduli pada kaum dhuafa mengenai masalah kesehatan dan bersinergi untuk melakukan pengadaan alat kesehatan NICU dan PICU. Hal tersebut difokuskan untuk pelayanan kesehatan bagi pasien bayi yang kondisi ekonomi orang tuanya kurang beruntung, namun membutuhkan perawatan intensif sesegera mungkin demi menyelamatkan nyawa dan tumbuh kembang bayi.

Pada awal januari 2016 RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa mendapatkan donasi alat kesehatan dari YBM PLN berupa CPAP dan NEOPUFF yang digunakan khususkan untuk Ruang Perinatologi (Ruang penanganan khusus bayi resiko tinggi pada usia 0-1 Bulan). CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dan NEOPUFF biasanya digunakan untuk membantu pernafasan bayi. Untuk jumlah penerima manfaat pasien perinatologi di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa dari Januari 2016 sampai Oktober 2019 berjumlah 354 bayi dengan penggunaan alat CPAP sekitar 54 pasien rata-rata penggunaan CPAP dan NEOPUFF kurang lebih 3 hari.

Dengan adanya penyelenggaraan tasyakuran alat Kesehatan yang diadakan di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas donasi dari YBM PLN. Selain itu bentuk sosialisasi pada masyarakat maupun meningkatkan awareness kedua belah pihak bahwa donasi alat kesehatan telah digunakan untuk penanganan pasien bayi yang lahir kritis maupun Prematur dan membutuhkan penanganan intensif .